Pertumbuhan cafe yang kekinian di berbagai kota semakin banyak dan pesat. Hal ini yang membuat persaingan bisnis di industri ini juga semakin ketat. Memulai bisnis cafe bukan hanya tentang menjual rasa makanan atau minuman kepada pelanggan atau konsumen.

Lebih dari itu, bisnis cafe kekinian juga diharapkan mampu menyediakan layanan yang beragam dan membuat konsumen puas. Bagi yang ingin atau saat ini tengah menjalankan bisnis cafe, berikut ini merupakan beberapa tips jitu atau strategi pemasaran cafe untuk menarik banyak pelanggan. Simak baik-baik, ya!

Perhatikan Konsep Cafe

Para pelanggan yang mengunjungi cafe tidak hanya untuk makan dan minum saja, namun juga untuk memenuhi gaya hidup mereka. Sehingga, ketika mereka datang, pertama kali yang dilihat adalah eksterior, interior dan konsep cafe secara keseluruhan.

Oleh karena itu, buatlah konsep cafe yang unik dan estetik. Mulai dari nama cafe, warna bahkan hingga interior dan eksterior cafe. Nuansa yang mendukung serta adanya spot-spot foto Instagramable akan menarik perhatian para pelanggan atau calon pelanggan untuk datang.

Secara tidak langsung, pelanggan akan membantu mempromosikan cafe kita. Ketika pelanggan mengunggah foto salah satu spot cafe di sosial media, pasti banyak orang yang tertarik mencari tahu di mana tempat itu. Sehingga, pelanggan semakin banyak datang ke cafe dan otomatis menambah pendapatan.

Kita bisa mencontoh desain eksterior dan interior dari gaya cafe di Italia, Inggris atau Belanda. Namun, cafe-cafe kekinian saat ini lebih mengusung konsep industrial yang unik dan suasana yang hangat.

Sajikan Menu yang Unik

Selain konsep cafe yang menarik, kita juga perlu membuat nama menu sajian cafe yang unik dengan cita rasa yang menunjukkan ciri khas dari cafe. Dengan keunikan menu tersebut, akan membuat pelanggan lebih mudah mengingat cafe kita.

Hal ini juga akan menciptakan strategi pemasaran word of mouth, yakni pelanggan akan membicarakan dari mulut ke mulut karena keunikan menu yang tersedia di cafe. Tidak hanya itu, kita juga harus memastikan presentasi makanan dan minuman yang dijual memiliki look sekreatif mungkin. Sehingga, pelanggan akan memfoto dan menyebarkannya melalui sosial media.

Manfaatkan Media Sosial

Target pasar dari bisnis cafe mayoritas adalah muda-mudi yang begitu akrab dengan media sosial. Untuk menarik perhatian mereka, kita bisa membuat akun official media sosial cafe baik itu di Instagram, Twitter maupun media sosial lainnya.

Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa menjadikannya sebagai media promosi dan informasi dari cafe. Sehingga, orang-orang lebih mudah mencari keberadaan cafe dengan melihat alamat atau location yang kita cantumkan di media sosial.

Berikan Promo Menarik dan Fitur Canggih

Konsep cafe yang menarik, sajian menu unik tidak lengkap tanpa adanya sarana dan pra-sarana yang memadai. Pelanggan datang ke cafe terkadang untuk mengerjakan tugas kantor maupun sekolah, nongkrong bersama teman-teman atau reuni dengan kawan lama.

Kita bisa menyediakan sarana seperti colokan listrik, Wi-Fi atau hal lainnya yang akan membuat pelanggan lebih betah berlama-lama di cafe. Selain itu, promo menarik juga bisa digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Misalnya, mendapatkan diskon 10% untuk pembelian minuman atau makanan tertentu menggunakan pembayaran online, seperti OVO, ShopeePay, Gopay dan masih banyak lagi.

Nah, untuk menyesuaikan sistem pembayaran sebagai akomodasi kebutuhan pelanggan, gunakan saja layanan dari Midtrans! Payment gateway terbaik ini berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan para pebisnis dalam bertransaksi dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran, baik online maupun offline.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi di midtrans.com. Yuk daftar Midtrans sekarang juga dan rasakan keuntungannya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.