Dump truck tambang Kobexindo merupakan dump truck yang dipasok oleh Kobexindo dan termasuk salah satu alat berat yang kerap Anda temukan di area pertambangan. Pasalnya, truk besar ini memiliki peran signifikan bagi kelancaran operasi pertambangan.

Selain dump truk, ada berbagai jenis alat berat tambang lain yang umum digunakan. Demi kelancaran pekerjaan, sudah semestinya pekerja dalam industri pertambangan mampu mengenali jenis dan fungsi dari setiap alat.

Mari simak lebih lanjut untuk mengenal jenis-jenis alat berat yang umum digunakan.

Jenis Alat Berat Tambang

Langsung saja, berikut beberapa alat berat umum dalam industri pertambangan:

1. Excavator

Excavator lebih akrab kita sebut sebagai bego. Fungsi utama dari alat berat ini adalah untuk melakukan penggalian dan pengangkutan.

Alat berat excavator memiliki bentuk menyerupai traktor dengan lengan panjang pada bagian depan dan bucket besar pada ujungnya. Biasanya, pekerja tambang menggunakan alat ini untuk menggali lalu memasukkan material galian ke bak truk.

2. Dump Truck

Kemudian, ada dump truck yang merupakan alat berat berupa truk dengan kapasitas besar, sehingga ukurannya terbilang raksasa. Fungsi dari dump truck yaitu mengangkut material dari satu lokasi ke lokasi lain.

Untuk menjalankan fungsi tersebut dengan lebih efisien, dump truck memiliki bak besar pada bagian belakang yang dapat dimiringkan.

Mengingat tugasnya yang berat dan medan yang menantang, dump truck harus memiliki struktur yang kokoh dan mesin handal. Contohnya dump truck tambang Kobexindo yang sering menjadi pilihan.

3. Bulldozer

Dalam penambangan, bulldozer biasanya melakukan tugas seperti membersihkan lahan, meratakan, dan memindahkan material berat.

Ciri utama alat berat ini yaitu adanya pisau besar dan kuat pada bagian depan. Selain itu, bulldozer mampu menghasilkan daya dorong yang kuat sehingga efektif dalam menjalankan pekerjaan berat.

4. Wheel Loader

Mengutip dari Synapsis, wheel loader berfungsi untuk mengangkut dan memindahkan material dalam jumlah besar.

Wheel loader menawarkan mobilitas yang lebih tinggi daripada bulldozer. Hal ini karena bulldozer hanya bisa memindahkan material dengan cara mendorong. Sementara, wheel loader punya bak depan yang bisa mengangkut material.

5. Drill Rigs

Jenis alat berat selanjutnya yang berperan penting dalam kegiatan penambangan yaitu drill rigs. Alat ini digunakan dalam melakukan pengeboran.

Drill rigs berperan penting dalam melakukan eksplorasi deposit mineral atau bahan tambang.

6. Grader

Fungsi dari grader adalah untuk meratakan serta membentuk permukaan tanah. Alat berat ini dilengkapi dengan bilah pisau panjang untuk menjalankan tugasnya.

Biasanya, grader digunakan untuk membangun jalan akses ke lokasi tambang, persiapan platform kerja, dan membentuk kemiringan pada area pertambangan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa jenis alat berat tambang yang perlu Anda ketahui. Pekerjaan tambang bisa menggunakan beberapa alat tersebut atau bahkan lebih tergantung kebutuhan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *