Name tag denim merupakan salah satu item yang tidak terpisahkan dari perlengkapan di kantor. Sebagian besar perusahaan mewajibkan setiap karyawannya menggunakan name tag sebagai identitasnya ketika bekerja di dalam maupun luar kantor.

Name tag karyawan ini biasanya dibuat senada dengan tas kantor agar terlihat menarik dan terkesan konsisten. Keduanya menjadi item penting yang dibutuhkan oleh karyawan. Oleh sebab itu, name tag dan tas kantor tidak boleh ketinggalan ketika bekerja.

Anda bisa menemukan berbagai name tag berkualitas dengan mengunjungi website resmi bisnis merchandise SOUVIA. Di sana, Anda dapat memesan name tag sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berikut ini beberapa alasan penting perusahaan harus memberikan name tag kepada karyawannya. Simak pembahasannya berikut ini agar Anda bisa mempertimbangkannya.

Pembeda Klien dengan Karyawan

Saat Anda melakukan kunjungan ke suatu perusahaan atau instansi, mungkin Anda pernah salah mengira sesama klien sebagai karyawan dari lembaga tersebut. Kesalahpahaman tersebut bisa terjadi karena klien dengan karyawan yang bekerja memiliki penampilan yang hampir sama.

Maka dari itu, kehadiran name tag untuk karyawan atau staf yang bekerja di suatu perusahaan maupun instansi menjadi sangat penting. Name tag tersebut bisa membantu membedakan antara karyawan dengan klien sehingga tamu yang belum familiar dengan wajah pegawai dari perusahaan tersebut tidak salah orang.

Pembeda Karyawan antar Divisi

Tidak hanya berguna untuk membedakan klien dengan karyawan, name tag juga berfungsi sebagai pembeda karyawan antar divisi. Jika suatu perusahaan mempunyai karyawan berjumlah puluhan hingga ratusan orang, maka pastinya mereka belum saling mengenal.

Hal tersebut karena mereka hanya mengingat dan mengenal rekan satu divisi dan pimpinan perusahaan. Apalagi, ada kemungkinan bahwa dalam satu perusahaan terdapat dua atau tiga orang memiliki nama yang sama.

Jika tidak ada name tag, seorang karyawan akan bingung apabila memiliki tugas bertemu dengan divisi lain yang belum pernah dilihatnya. Belum lagi jika divisi tersebut mempunyai beberapa karyawan dengan nama yang sama.

Itulah peran penting penggunaan name tag sehingga para karyawan merasa terbantu untuk saling mengenal rekan kerja antar divisi dan meminimalisir kesalahpahaman.

Peningkatan Keamanan

Perusahaan pasti memiliki kantor dengan berbagai ruangan khusus yang hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu. Akan tetapi, pastinya tidak mungkin jika ruangan tersebut harus dilakukan penjagaan oleh security.

Biasanya, supaya tidak ada orang yang sembarangan masuk ruangan khusus tersebut, maka ruangan dikunci. Namun, hal tersebut memiliki kendala tersendiri. Jika masih menggunakan kunci manual, karyawan yang mempunyai akses masuk bisa saja lupa membawa kunci ruangan tersebut.

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan dan memudahkan pekerjaan karyawan, maka ruangan tersebut terpasang kunci elektronik yang berbasis teknologi QR code, gelombang magnetik, maupun gelombang RFID.

Kemudian, name tag untuk para karyawan bisa diberikan barcode, QR code, atau RFID untuk mengakses ruangan tersebut. Dengan cara ini, karyawan tidak akan lupa membawa kunci dan lebih jelas siapa saja yang keluar masuk ruangan tersebut.

Berfungsi Sebagai Kartu Presensi

Kini, mesin presensi yang paling populer adalah mesin presensi fingertip atau mesin presensi menggunakan sensor wajah. Akan tetapi, ada juga mesin presensi yang memanfaatkan barcode atau gelombang RFID.

Mesin presensi seperti itu memungkinkan para karyawan melakukan scanning menggunakan name tag yang terdapat barcode atau chip RFID.

Berguna Sebagai Kartu Identitas

Name tag karyawan perusahaan juga bisa berguna sebagai kartu identitas. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka pihak berwajib bisa menghubungi perusahaan sehingga keadaan bisa lebih terkendali.

Media Branding Perusahaan

Biasanya, name tag yang karyawan gunakan terdiri dari jabatan, nama, dan logo perusahaan. Ketika karyawan menggunakan name tag tersebut di luar kantor, orang akan lebih mengenal perusahaan Anda hanya dengan melihatnya.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara membangun brand awareness yang cukup efektif bagi perusahaan karena tidak perlu mengeluarkan biaya promosi. Selain itu, name tag juga sering menjadi alternatif yang mudah dalam melakukan promosi event tertentu dari perusahaan.

Sudah bukan rahasia lagi jika perusahaan besar maupun kecil tetap membutuhkan promosi supaya perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Promosi sendiri berguna untuk mendekatkan perusahaan dengan klien yang potensial.

Oleh sebab itu, perusahaan bisa memanfaatkan peluangnya untuk memperluas jangkauan lebih luas lagi dengan memanfaatkan name tag karyawan tersebut. Perusahaan dalam bidang apapun memang harus memperkenalkan diri kepada masyarakat secara berkelanjutan supaya mendapat kepercayaan dan bisa terus berjalan secara optimal.

Pemberi Kesan Profesional

Saat karyawan memakai name tag, maka secara otomotis akan muncul kesan formal dan rapi pada orang yang melihatnya sehingga bisa menciptakan kesan dan suasana yang positif ketika bekerja.

Selanjutnya, saat ada klien atau tamu yang berkunjung ke perusahaan Anda dan melihat name tag yang digunakan oleh karyawan, maka mereka akan merasa bahwa perusahaan menghormati kedatangannya. Pastinya ini membantu perusahaan membangun citra baik di mata klien.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya name tag karyawan bagi perusahaan. Anda bisa memesan name tag sesuai  dengan kebutuhan perusahaan di Souvia. Penyedia souvenir terlengkap ini memberikan kesempatan untuk Anda membeli name tag dengan desain yang luar biasa.

Anda bisa memesan name tag kulit batik Souvia. Dengan motif batik yang khas, name tag karyawan Anda terlihat sangat unik. Aksen batik tersebut berpadu dengan kulit sentetis sehingga tampilannya semakin menarik dan mencerminkan profesionalitas yang tinggi.

Guna melengkapi kebutuhan branding perusahaan, pastinya permukaan kulit name tag kalung motif batik ini bisa Anda tambahkan logo dengan teknik emboss. Yuk, cek detail deskripsi name tag dengan mengunjungi www.souvia.co.id. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *